Selasa, 05 Desember 2017

Langkah Awal Ciptakan ASN Handal.

Penulis : M.Martanus 
Plt Gubernur besama Ka BKN Pusat
MataLensa.com, Bengkulu – Diyakini penciptaan sistem seleksi penerimaan Aparatur Sipil Negara (ASN) akan menjadi langkah awal yang baik untuk menciptakan ASN handal. Sehingga, ASN yang akan menjalani dan memberikan pelatanan kepada publik adalah ASN yang memiliki kompeten dan prestasi yang baik.

“Hadirnya kantor Unit Penyelenggara Seleksi Calon dan Penilaian Kompetensi BKN di Bengkulu ini juga merupakan salah satu langkah awal untuk menciptakan ASN Handal. Terlebih lagi disediakan Asesmen Centre maka saya sangat yakin jika ASN Provinsi Bengkulu nantinya adalah ASN yang memiliki Kompetensi yang bagus,” ungkap Pelaksana Tugas (Plt) Gubernur Bengkulu, Rohidin Mersyah saat meresmikan Gedung Kantor Unit Penyelenggara Seleksi Calon dan Penilaian Kompetensi BKN Bengkulu di Jalan WR Suprapman Pematang Gubernur, Selasa (5/12).
Menurut Rohidin, penggunaan sistem online dalam mekanisme pendaftaran dan penggunaan sistem computer assisted test (CAT) saat seleksi ASN dinilai sangat tepat. Sehingga, ASN yang direkrut adalah ASN yang memiliki prestasi. Sebab, keberadaan ASN “tidak handal” hanya akan menjadi beban bagi negara dan masyarakat ke depannya.

“Jika kita lihat pihak swasta dalam penerimaan karyawan sangat ketat prosesnya. Jadi karyawan yang didapatkan adalah karyawan yang memiliki mutu dan kualitas yang bagus. Dampaknya, saat ini swasta sangat cepat bergerak maju di bidang yang ditekuninya. Berbanding terbalik dengan ASN kita saat ini, justru terkesan terseok-seok saat menjalankan beba BNN tugasnya lantaran tidak memiliki kompetensi yang baik,” jelasnya.

Selain itu, Rohidin juga mengingatkan agar hak-hak milik ASN dapat segera tersalurkan seperti gaji, fasilitas serta kenaikan pangkat. Sebab, jika hak mereka telah didapatkan maka pemerintah dapat menuntut kinerja maksimal dari ASN tersebut.

“Namun, jika yang terjadi sebaliknya maka pimpinan tidak akan bisa menuntut kinerja yang baik dari ASN itu sendiri,” pungkasnya.

Kegiatan peresmian dihadiri langsung oleh Kepala BKN Pusat Bima Haria Wibisana serta seluruh kepala BKD kabupaten dan kota Bengkulu.(red)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

DPC PWRI Kota Bengkulu Apresiasi Komitmen Kadis PUPR Kota Bengkulu.

MataLensa, Bengkulu – Dewan Pimpinan Cabang Persatuan Wartawan Republik Indonesia (PWRI) Kota Bengkulu mengapresiasi aksi cepat tanggapny...