Rabu, 20 Desember 2017

Hari Pertama Kerja, Sekda Nopian Pimpin Penyusunan Protap TRC BPBD

Penulis : M.Martanus
Sekretaris Daerah Provinsi Bengkulu Nopian Andusti
MataLensa.com, Bengkulu – Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Bengkulu, Nopian Andusti, dihari pertamanya menjabat membuka rapat penyusunan prosedur tetap (protap) Tim Reaksi Cepat (TRC) Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Bengkulu, di Hotel Raflesia City Bengkulu, Selasa kemaren (19/12/2017).

Rapat ini bertujuan agar terbangun koordinasi yang baik dan efektif antar BPBD Provinsi Kabupaten/Kota, serta instansi terkait yang berhubungan dengan bencana alam untuk membangun kesatuan kebersamaan pada saat penanggulangan bencana.

Kepala Pelaksana Harian BPBD Provinsi Bengkulu, Soemarno mengatakan, selama ini penanganan bencana terksesan lamban. Dengan adanya protap Tim Reaksi Cepat ini diharapkan bisa mengantisipasi keadaan di lapangan secepat mungkin.

“Tim yang berjumlah 13 orang ini terdiri dari beberapa unsur yakni dari akademisi, profesional dan pengarah. Dengan demikian mereka harus berada diterdepan serta harus mampu mempunyai insting yang cepat dalam penanggulangan bencana yang terjadi,” ungkap Soemarno.

Sementara Sekda Provinsi Bengkulu, Nopian, mengatakan, Bengkulu masuk ke dalam peta rawan bencana, baik itu gempa, tanah longsor, banjir, atau yang lainnya. Namun, kata dia, hal ini bukan sesuatu yang harus ditakuti dan dikhawatirkan.

“Yang lebih penting yakni bagaimana kesiapsiagaan disetiap lini baik dari BPBD, Basarnas, Tagana atau masyarkat itu sendiri dalam menyikapi secara cepat dan tepat saat jika bencana terjadi,” jelasnya.

Dengan dibentuknya Tim Reaksi Cepat ini, sambungnya, bisa meminimalisir keadaan jika bencana itu terjadi.

“Kita harapkan bukan hanya namanya cepat, tapi betul-betul cepat. Jangan nanti namanya Tim Reaksi Cepat tapi orangnya tidak cepat,” tutup Sekda. (Red)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

DPC PWRI Kota Bengkulu Apresiasi Komitmen Kadis PUPR Kota Bengkulu.

MataLensa, Bengkulu – Dewan Pimpinan Cabang Persatuan Wartawan Republik Indonesia (PWRI) Kota Bengkulu mengapresiasi aksi cepat tanggapny...