Kamis, 18 Januari 2018

Agus Black : Anggota DPC PWRI Kota Bengkulu Harus Profesional.

Agus Rinaldi, saat memberikan materi terhadap peserta pelatihan dasar jurnalistik.
MataLensa.com, Bengkulu - Kegiatan Pelatihan Dasar Jurnalistik ke 1 Dewan Pimpinan Cabang Persatuan Wartawan Republik Indonesia (DPC PWRI) Kota Bengkulu yang dihelat selama tiga hari, dari tanggal 15 - 17 Januari 2018. Kegiatan ini sebagai bentuk menyikapi masukan dari beberapa mitra kerja, baik pemerintah maupun swasta yang merasa terintimidasi oleh oknum wartawan dalam segi pemberitaan yang tidak berimbang (sepihak), dan memojokkan narasumber saat wawancara.

"Kegiatan ini adalah pelatihan dasar jurnalistik / pra ukw, kenapa dasar, ya kita harus mengetahui dasarnya dulu dalam segi penulisan maupun pemberitaan. Kegiatan ini juga sebagai motivasi kami, karna banyak relasi mengeluhkan cara kerja wartawan," ungkap Agus Rinaldi selaku ketua pelaksana dalam kegiatan pelatihan tersebut.

Menurut Agus, pelatihan dasar justru harus lebih di utamakan oleh para wartawan, ketimbang mereka harus langsung mengikuti Uji Kompetensi Wartawan (UKW). karena menurutnya, jika seorang jurnalis tidak mengenal dasar-dasar jurnalistik, maka kompetensi seorang wartawan wajib dipertanyakan.

"Menulis, semua orang bisa, begitupun wawancara, namun tulisan dan tehnik wawancara yang benar jarang bisa didapat oleh seorang wartawan. Maka dari itu kami (PWRI, red), mengutamakan pelatihan dasar terlebih dahulu ketimbang UKW dadakan," jelas Agus yang juga jebolan UKW Utama di LPDS Tahun 2014.

Profesionalisme wartawan, lanjut Agus, bukan diukur dari jabatan maupun sertifikasi. melainkan

"Kami ingin profesional dalam menjalankan tugas wartawan, bukan wartawan sertifikasi. Karna wartawan bersertifikat belum tentu profesional," tutupnya. (**)

Penulis : M.Martanus

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

DPC PWRI Kota Bengkulu Apresiasi Komitmen Kadis PUPR Kota Bengkulu.

MataLensa, Bengkulu – Dewan Pimpinan Cabang Persatuan Wartawan Republik Indonesia (PWRI) Kota Bengkulu mengapresiasi aksi cepat tanggapny...